Kamis, 15 Oktober 2009

letak Giografis kota bengkulu


letak secara geografis kota Bengkulu
Secara geografis kota Bengkulu ter letak di tepi pantai barat sumatera dengan posisi 102º14’’-102º22” Bujur Timur dan 3º45”-59” lintang selatan. Kota Bengkulu dilalui jalur lintas sumatera-Jawa, yang melalui Lintas Barat yaitu Jalur Jakarta- liwa-Bengkulu-mukomuko-Padang. Kondisi demikian menjadikan kota Bengkulu memiliki lokasi yang cukup strategis untuk dapat cepat memacu percepatan perkembangan Wilayah.
Berdasarkan Perda Nomor 04 Tahun 2001 Tentang perubahan desa menadi kelurahan maka saat ini di kota Bengkulu terdapat 57 (lima puluh tujuh) kelurahan serta Empat Kecamatan serta memiliki Batas wilayah sebagai berikut :
a. Sebelah barat : Samudera Hindia
b. Sebelah Timur : Kabupaten Bengkulu Utara
c. Sebelah Selatan : Kabupaten Bengkulu Selatan
d. Sebelah timur : Kabupaten Bengkulu Utara
Wilayah kota Bengkulu mempunyai ketinggian antara 0-16 meter dari permukaan laut, dan keadaan Tofografi 70% datar dan 30 % berbukit kecil dan rawa.
Berdasarkan peta geology of indonesia yang diterbitkan oleh U.S GEOLOGICAL SURVEY 1965 geologi dam morfologi wilayah Bengkulu (termasuk didalamya kota Bengkulu) yang terdiri formasi batuan yang membentang dari arah pantai menuju bukit barisan yaitu :
1. Sedimen kuartir/Resel berupa Terumbu Karang.
2. Batuan tertier Neogen yang umumnya berupa berbagai sendimen.
3. Batuan/formasi Andesit tua (id Andesit Formation) , menembus batuan bagian asam yang membawa mineral-mineral, emas,perak,seng,tembaga,dan timah hitam.
Wilayah kota Bengkulu memilki iklim tropis, dengan temperatur rata-rata terletak antara 20,3ºC-32ºC. Lama penyinaran matahari rata-rata berkisar antara 40-80% dengan kelembaban udara 80-87% dengan curah hujan rata-rata 308 mm/bulan, sedangkan curah hujan Minimum 100 mm/bulan, jumlah rata-rata setiap bulannya adalah sejumlah 23 hari hujan, jumlah rata-rata setiap bulan Otober dan November dengan jumlah hari hujan 28 hari dan 29 hari, curah hujan terbesar terjadi pada bulan November yaitu 608,8 mm.
Wilayah kota Bengkulu terletak antara 3º45-3º57 dari garis equator atau 2048’ sebelah selatan garis khatulistiwa. Sebagaiman umumnya daerah-daerah yang dalam posisi tersebut, keadaan iklim kota Bengkulu memperlihatkan ciri klimatologis Daerah tropis.
Posted by Picasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar