Kamis, 15 Oktober 2009

Hwai hawang Beach


Kota Bengkulu merupakan salah satu wilayah di Propinsi Bengkulu yang terletak dikawasan pantai barat sumatera.sesuai dengan letak geografis nya, kota Bengkulu memiliki garis pantai ± 60 km, dan termasuk didalamnya pulau tikus. Kota Bengkulu mempunyai sumber-daya wilayah pesisir laut yang cukup besar baik hayati maupun non hayati.
Sebagai salah satu tumpuan penghidupan masyarakat, aktivitas pemanfaatan dan pengelolahan sumberdaya wilayah pesisir selain memberikan dampak positif juga menimbulkan aspek negatif,terutama terhadap kondisi ekosistem wilayah pesisir. Secara faktual kondisi sebagian wilayah pesisir kota Bengkulu sudah mengalami kerusakan, seperti degradasi pantai, rusaknya hutan mangrove dan terumbuh karang, dan semakin berkurangnya hutan pantai serta penataan permukiman di pinggir pantai yang kurang rapi dan terkesan kumuh. Sementara itu, kondisi sosial ekonomi masyarakatnya tetap berada digaris kemiskinan.
Kondisi tersebut diatas di karenakan tehnik perencanaan dan pelaksanaan pembangunan yang bersifat sektoral, sehingga terjadi ketidak jelasan wewenang masing-masing pihak instansi, tidak adanya penguatan hukum, adanya tarik menarik antar kepentingan pelastarian sumberdaya alam di suatu sisi dan eksploitasi sumberdaya alam untuk memenuhi sektor ekonomi di sisi lainnya.
Posted by Picasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar